Dua Putra Putri Terbaik Manyaran Sukses Mengisi Kekosongan Formasi Jabatan Pemerintahan di “Bumi Naga” Desa Karanglor

Deni Ari Kusuma, salah satu peserta ujian (berbaju putih) tengah melaksanakan wawancara bersama tim penguji di salah satu ruang Balai Desa Karanglor. (Foto : GTM)

MANYARAN, karanglor.sideka.id | Penyelenggaraan seleksi perangkat desa telah memasuki puncaknya, yakni ujian atau tes tertulis dan tes wawancara bagi para calon peserta yang lolos seleksi administrasi pada tahapan sebelumnya. Ujian tertulis dilaksanakan pada Kamis (9/12) bertempat sama seperti pada saat dilakukan uji sistem yaitu di laboratorium komputer SMPN 1 Manyaran diikuti peserta tes dari Desa Karanglor dan Desa Kepuhsari. Dimulai pada pukul 09.00 WIB, ujian yang seharusnya diikuti oleh 23 peserta dari Desa Karanglor dihadiri 22 peserta terdiri dari 12 peserta dari formasi Kasi Pelayanan dan 10 peserta dari Kasi Pemerintahan, 1 orang peserta dari Kasi Pelayanan dinyatakan tidak hadir.

Ujian Tertulis berbasis CBT untuk Seleksi Perangkat Desa Karanglor dan Kepuhsari yang bertempat di SMPN 1 Manyaran.
dok.sideka.id – Foto : GTM

Sempat terjadi gangguan pada sistem namun tak berselang lama hal tersebut dapat diatasi, akibatnya ujian yang seharusnya berlangsung selama 2 jam selesai pada pukul 11.00 WIB mundur 30 menit menjadi pukul 11.30 WIB. Ujian yang menggunakan metode CBT (Computer Based Test) ini berlangsung secara transparan dan saat ujian selesai nilai peserta ujian dapat langsung tampil di layar monitor. Alhasil, setelah ujian selesai dari 22 peserta yang ikut dari Desa Karanglor 4 peserta diantaranya dinyatakan tidak memenuhi passing grade sehingga 4 orang tersebut tidak berhak mengikuti tes wawancara. Keempat peserta tersebut berasal dari formasi Kasi Pelayanan, sedangkan semua peserta dari Kasi Pemerintahan semua memenuhi ambang batas nilai ujian tertulis. Terdapat persaingan sengit pada formasi Kasi Pelayanan karena nilai tertinggi terdapat 2 orang dengan nilai sama.

Pada hari Jumat (10/12), dilaksanakan ujian wawancara bagi peserta yang lolos passing grade. Bertempat di Balai Desa karanglor dari 18 peserta yang berhak mengikuti wawancara hadir 13 peserta, 7 orang dari formasi Kasi Pelayanan dan 6 orang dari formasi Kasi Pemerintahan. Peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan oleh tim penguji. Nilai dari ujian tertulis dan ujian wawancara digabung dengan persentase 90 % dan 10 %. Ujian berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB. Dan berikut adalah peserta yang memperoleh skor tertinggi dari masing-masing formasi yang diperebutkan :

  1. Kasi Pelayanan : Deni Ari Kusuma, S.T. beralamatkan Gunung Cilik RT 01 RW 09, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri dengan nilai 81,36; dan
  2. Kasi Pemerintahan : Riyaningsih, S.Pd. beralamatkan Sidoharjo RT 02 RW 06, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri dengan nilai 86,11.
Penyerahan kartu peserta ujian seleksi Perangkat Desa Karanglor beserta pengarahan oleh Panitia Penyelenggara dua hari sebelum tes tertulis dilaksanakan.
dok.sideka.id – Foto : GTM

Tahapan berikutnya adalah menunggu Surat Rekomendasi dari Camat Manyaran yang selanjutnya akan menjadi rujukan Surat Keputusan dari Kepala Desa Karanglor pada Jumat, 17 Desember 2021 dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada Sabtu, 18 Desember 2021. (by : GTM Production)

4 Comments

Tinggalkan Balasan